Oleh: Agung Sudjatmoko
Ketua Harian Dekopin
Ketua Harian Dekopin
telusur.co.id |Jakarta |
Dunia berada pada proses
perubahan yang luar biasa cepat. Teknologi informasi menjadi motor penggerak
perubahan. Percepatan perubahan dialami oleh semua sektor kehidupan. Pola,
model dan strategi menjalankan organisasi dan bisnis berubah. Ilmu manajemen
telah mencapai tahap ke sembilan dengan manajemen otak, yang menggambarkan
interkoneksitas berbagai faktor yang tidak bisa dinafikan.
Strategi bisnis dipengaruhi oleh faktor internal
dan eksternal perusahaan ditambah dengan faktor non ekonomis. Perubahan sosial
budaya di masyarakat sangat cepat. Struktur sosial baru dalam masyarakat
berubah seiring dengan teori kebutuhan manusia.
Pakar teknologi informasi menyebut saat ini zaman
milenial yang ditandai kebangkitan baru kelompok pemuda terpelajar perkotaan
yang mempunyai kecenderungan pemenuhan kebutuhan serba cepat, mudah, murah dan
nyaman. Sistem pemenuhan kebutuhan barang, jasa dan informasi kaum milenial
berbasis pada genggaman android ditangannya.
Informasi dan data menjadi barang mahal yang diburu
oleh semua orang. Kecenderungan dan motif setiap manusia dapat dilihat di media
sosial. Pergeseran media sosial sebagai alat silaturahmi menjadi media iklan
yang efektif untuk membentuk opini dan trend setter sebuah produk atau isu.
Bahkan media sosial menjadi alat pergerakan vertikal seseorang dari tiada
siapa- siapa menjadi siapa yang viral yang mendatangkan fasilitas materi yang
kadang tidak sedikit.
Melihat fenomena diatas, insan koperasi harus
segera berubah menata organisasi dan strategi bisnisnya. Strategi perubahan
organisasi dilakukan melalui:
a) modernisasi organisasi dan manajemen dengan melakukan organizational reenginering yang berbasis pada sistem operasi yang cepat, mudah, transparan dan mempunyai akuntabilitas tinggi sehingga membangun kepercayaan anggota,
b) pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan bisnis berbasis pada sistem aplikasi yang memudahkan anggota mendapatkan pelayanan usaha koperasi,
c) fokus mengembangkan bisnis didasarkan pada skala dan kelayakan ekonomi dan menangkap setiap peluang bisnis yang ada,
d) membangun close look economy dalam koperasi yang captive market sehingga koperasi mempunyai bargaining position yang kuat karena kesatuan ekonominya serta secara konsisten dan sungguh-sungguh koperasi harus menjalankan prinsip-prinsip serta nilai koperasi dalam tata kelola orgnisasi dan bisnisnya.
a) modernisasi organisasi dan manajemen dengan melakukan organizational reenginering yang berbasis pada sistem operasi yang cepat, mudah, transparan dan mempunyai akuntabilitas tinggi sehingga membangun kepercayaan anggota,
b) pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan bisnis berbasis pada sistem aplikasi yang memudahkan anggota mendapatkan pelayanan usaha koperasi,
c) fokus mengembangkan bisnis didasarkan pada skala dan kelayakan ekonomi dan menangkap setiap peluang bisnis yang ada,
d) membangun close look economy dalam koperasi yang captive market sehingga koperasi mempunyai bargaining position yang kuat karena kesatuan ekonominya serta secara konsisten dan sungguh-sungguh koperasi harus menjalankan prinsip-prinsip serta nilai koperasi dalam tata kelola orgnisasi dan bisnisnya.
4 Pilar Kuatkan Koperasi
Langkah-langkah tersebut sejalan dengan konsep
dasar pendirian dan pengembangan koperasi menjadi perusahaan yang besar, kuat,
sehat dan mandiri. Prof. Yuyun Wirasasmita menyampaikan bahwa ide dasar
pengembangan koperasi harus dimulai dari:
1) feel need atau kebutuhan anggota koperasi yang sifatnya permanen bukan sementara, yang dapat diusahakan pemenuhannya oleh koperasi. Ini merupakan kunci sukses koperasi yang dicintai anggota, sebab koperasi mampu mendorong partisipasi yang loyal dari anggotanya. Dan loyalitas anggota memodali dan menggunakan usaha koperasi ini yang mendatangkan keuntungan untuk kesejahteraan bersama.
2) posisi anggota koperasi yg strategis dengan duel identity-nya. Anggota koperasi adalah pemilik yg berkewajiban memberikan modal untuk usaha koperasi, sekaligus sebagai pelanggan usaha koperasi. Fungsi ganda anggota ini memberikan nilai lebih untuk menciptakan close look economic system dimana pada konsep dasar koperasi bahwa usaha koperasi harusnya captive market, karena koperasi bertugas memenuhi kebutuhan bersama secara gotong-royong. Kelemahan saat ini gerakan koperasi Indonesia belum membangun economic community yg menempatkan anggota pada peran ganda tersebut.
3) cooperative effect, konsep koperasi mengajarkan bahwa berkoperasi akan memberikan nilai lebih akan pelayanan dan penyediaan kebutuhan anggota yang murah, tepat, cepat dan berkualitas. Ini bisa dicapai oleh koperasi jika terbangun komitmen kuat anggota secara bersama membangun pemenuhan kebutuhan econominya secara gotong-royong.
4) pendidikan perkoperasian kepada anggota, untuk membangun kebersamaan dalam pemenuhan ekonomi diperlukan satu komitmen di koperasi yaitu koperasi mampu menyediakan kebutuhan anggota dengan nilai tambah yang tinggi. Konsep membiayai bersama (joint financing), membeli bersama (joint buying) dan menjual bersama (joint selling) harus bisa dilakukan di koperasi. Untuk itu pendidikan menyadarkan kebersamaan atas tanggung jawab bersama di koperasi harus ditumbuhkan dan jalan yang benar untuk itu hanya melalui pendidikan.
1) feel need atau kebutuhan anggota koperasi yang sifatnya permanen bukan sementara, yang dapat diusahakan pemenuhannya oleh koperasi. Ini merupakan kunci sukses koperasi yang dicintai anggota, sebab koperasi mampu mendorong partisipasi yang loyal dari anggotanya. Dan loyalitas anggota memodali dan menggunakan usaha koperasi ini yang mendatangkan keuntungan untuk kesejahteraan bersama.
2) posisi anggota koperasi yg strategis dengan duel identity-nya. Anggota koperasi adalah pemilik yg berkewajiban memberikan modal untuk usaha koperasi, sekaligus sebagai pelanggan usaha koperasi. Fungsi ganda anggota ini memberikan nilai lebih untuk menciptakan close look economic system dimana pada konsep dasar koperasi bahwa usaha koperasi harusnya captive market, karena koperasi bertugas memenuhi kebutuhan bersama secara gotong-royong. Kelemahan saat ini gerakan koperasi Indonesia belum membangun economic community yg menempatkan anggota pada peran ganda tersebut.
3) cooperative effect, konsep koperasi mengajarkan bahwa berkoperasi akan memberikan nilai lebih akan pelayanan dan penyediaan kebutuhan anggota yang murah, tepat, cepat dan berkualitas. Ini bisa dicapai oleh koperasi jika terbangun komitmen kuat anggota secara bersama membangun pemenuhan kebutuhan econominya secara gotong-royong.
4) pendidikan perkoperasian kepada anggota, untuk membangun kebersamaan dalam pemenuhan ekonomi diperlukan satu komitmen di koperasi yaitu koperasi mampu menyediakan kebutuhan anggota dengan nilai tambah yang tinggi. Konsep membiayai bersama (joint financing), membeli bersama (joint buying) dan menjual bersama (joint selling) harus bisa dilakukan di koperasi. Untuk itu pendidikan menyadarkan kebersamaan atas tanggung jawab bersama di koperasi harus ditumbuhkan dan jalan yang benar untuk itu hanya melalui pendidikan.
Koperasi Wajib Modernisasi
Di era milenial ini koperasi perlu melakukan
strategi revolusi perubahan yang sistematis. Modernisasi organisasi dan bisnis
koperasi harus dilakukan. Pemanfaatan sistem aplikasi online dalam tata kelola
koperasi menjadi keharusan. Bahkan koperasi harus masuk pada pemenuhan
kebutuhan kelompok umur milenial (anak zaman now) yang diisi oleh generasi yang
lahir di era tahun 90-an. Mereka kelompok masyarakat yang sangat melek
teknologi dalam genggaman. Mereka mempunyai orientasi pemenuhan kebutuhan
dengan cara online. Bahkan mereka mempunyai gaya hidup yang berbeda dengan
kelompok masyakat lainya, khususnya dalam pilihan kerja, cara memenuhi
kebutuhan dan mampu menangkap peluang bisnis dengan cepat. Inilah tantangan
besar koperasi sekarang kedepan untuk melakukan perubahan dengan cepat, sebab
insan koperasi seakan belum siap mengantisipasi setiap perubahan model bisnis
yang sangat cepat dan kompetitif.
Sekali lagi koperasi harus berubah ke arah
manajemen yang modern. Perubahan modernisasi manajemen koperasi didasarkan
tuntutan kebutuhan bisnis saat ini dan perwujudan pada prinsip serta nilai
koperasi yang tidak akan hilang sebagai jatidiri koperasinya. Banyak manfaat
yang dapat di petik dari strategi ini antara lain:
a) percepatan pelayanan pada anggota,
b) membangun transparansi, efektifitas dan efisiensi manajemen koperasi,
c) meningkatkan kepercayaan publik koperasi di kalangan anggota dan mitra bisnisnya,
d) menangkap peluang bisnis di lingkungan anggota dan koperasi, serta
e) meningkatkan nilai tambah dan produktivitas koperasi menghimpun kekuatan sumber daya untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. | Red |
======
a) percepatan pelayanan pada anggota,
b) membangun transparansi, efektifitas dan efisiensi manajemen koperasi,
c) meningkatkan kepercayaan publik koperasi di kalangan anggota dan mitra bisnisnya,
d) menangkap peluang bisnis di lingkungan anggota dan koperasi, serta
e) meningkatkan nilai tambah dan produktivitas koperasi menghimpun kekuatan sumber daya untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. | Red |
======
